Kamis, 12 April 2012

Lupa tutup kandang, harimau kebun binatang Jambi lepas


Seekor harimau Sumatera jantan berusia enam tahun seberat lebih dari 100kg lepas dari kandangnya di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, Senin (12/3) pagi.
Kepala Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Adrianis mengatakan kemungkinan besar harimau bernama Peter itu lepas karena kelalaian petugas pembersih kandang.
“Nampaknya petugas pembersih kandang lupa menutup kembali pintu kandang sehingga harimau itu bisa kabur,” kata Adrianis saat dihubungi BBC Indonesia.
Setelah keluar dari kandangnya, Adrianis melanjutkan, Peter hanya berjalan-jalan di sekitar kandangnya dan menuju ke kandang burung yang terletak tak jauh dari kandang harimau.
“Dia kemudian melompat ke arah kandang burung nampaknya ingin menangkap burung kasuari yang ada di 
dalamnya,” tambah Adrianis.

Mengetahui hewan buas itu lepas, pihak kebun binatang langsung menghubungi kepolisian dan TNI untuk mengamankan wilayah di sekitar kebun binatang.
“Aparat TNI dan kepolisian langsung mengevakuasi pengunjung dan menutup jalan di sekitar kebun binatang,” ujarnya.

Saat harimau itu terlepas sekitar pukul 9.00 WIB, kebun binatang memang mulai didatangi pengunjung termasuk kunjungan sekitar 50-an siswa sebuah sekolah dari Kabupaten Sarolangun.
Setelah pengunjung dievakuasi dan kawasan sekitar kebun binatang diamankan maka petugas kebun binatang mulai berusaha menangkap Peter si harimau.
Petugas, kata Adrianis, harus sangat berhati-hati dalam upaya menangkap harimau itu karena khawatir Peter akan kabur melompati pagar kebun binatang.

“Supaya dia tidak lari, kami panggil dulu namanya, kemudian kami lemparkan dua ekor ayam hidup sebagai umpan,” papar Adrianis menjelaskan proses penangkapan hewan buas itu.
Setelah, perhatian Peter tersita dua ekor ayam itu petugaspun mempersiapkan obat bius untuk melumpuhkan sang harimau.
“Kami gunakan tulup dari pipa paralon untuk menembakkan jarum bius. Setelah terkena sekitar 30 menit Peter sudah tak sadarkan diri,” tambah Adrianis lagi.
Setelah berhasil dilumpuhkan Peter harus diangkat kembali ke kandangnya. Dibutuhkan delapan orang untuk mengangkat harimau itu.
“Beruntung hanya Peter yang kabur. Sebab di dalam kandang itu ada tiga harimau lain yaitu satu harimau betina dan dua anaknya Mayang dan Ayu,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar