Kamis, 12 April 2012

SEEKOR PENGUIN MELARIKAN DARI SEBUAH KEBUN BINATANG

 


Tokyo Waduh... Seekor penguin melarikan diri dari sebuah kebun binatang di Tokyo, Jepang. Hewan itu kabur dengan memanjat dinding batu buatan di sekitar tempat hidupnya. Saat ini, otoritas setempat tengah berjibaku untuk menemukan penguin tersebut. Terakhir kali binatang itu dilaporkan terlihat berenang di sebuah sungai di Tokyo.

Dugaan awal menyebutkan, penguin ini melarikan diri dari Tokyo Sea Life Park dengan memanjat dinding batu yang tingginya hanya dua kali lipat tinggi badannya. Diketahui penguin ini memiliki tinggi sekitar 60 cm. Penguin jenis Humboldt yang berusia 1 tahun ini terakhir kali terlihat di mulut sungai Old Edogawa, yang berujung ke Teluk Tokyo.

"Kami pertama kali menyadari bahwa penguin ini telah melarikan diri ketika kepala kebun binatang tetangga mengirimkan email kepada kita pada Minggu (4/3), dengan sebuah foto (yang menunjukkan si penguin di sungai Old Edogawa)," ujar seorang pejabat Tokyo Sea Life Park, Takashi Sugino, seperti dilansir oleh AFP, Senin (5/3/2012).

Sugino pun semakin yakin ketika seorang pengunjung juga memberikan foto si penguin di sungai yang sama. Dari foto tersebut, para penjaga binatang berhasil mengidentifikasi bahwa penguin dalam foto tersebut adalah penguin yang menetas pada Januari tahun lalu.

Hingga saat ini Sugino belum tahu pasti bagaimana cara si penguin kabur dari tempatnya.

"Tentu saja dia tidak bisa terbang, tapi terkadang binatang liar memiliki kemampuan 'eksplosif' ketika merasa terancam oleh sesuatu. Mungkin dia berlari ke atas batu karena terkejut," ucap Sugino.

Hari ini, sejumlah pegawai kebun binatang tengah menyusuri lokasi di mana penguin tersebut pernah terlihat. Namun sayangnya, mereka harus berpacu dengan waktu mengingat penguin ini memiliki kecepatan berenang yang cepat.

"Dibutuhkan sedikit usaha untuk menangkapnya ketika dia berenang, karena dia bisa berenang dengan kecepatan luar biasa. Kami berharap bisa menangkapnya ketika dia berada di daratan untuk tidur," terang Sugino.

Insiden penguin yang kabur ini mengingatkan kita pada 4 penguin pandai yang ada dalam film animasi 'Madagaskar'. Dalam film garapan tahun 2005 tersebut, keempat penguin yang pandai menjadi otak pelarian diri sejumlah hewan dari kebun binatang di New York, AS, hingga akhirnya mereka terdampar di Madagaskar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar